• MTs PUI Cikijing

  • Madrasah Hebat dan Bermartabat

Isra Mi'raj Rosululloh SAW

Peristiwa Isra Miraj merupakan perjalanan suci Nabi Muhammad Saw dari Masjidil Haram ke Masjidil Aqsa di Palestina hingga naik ke langit tujuh Sidratul Muntaha dalam semalam.

Peristiwa Isra Miraj itu diabadikan dalam Alquran surat Al Isra.

Artinya: Maha Suci Allah, yang telah memperjalankan hamba-Nya pada suatu malam dari Al-Masjidil Haram ke Al-Masjidil Aqsha yang telah Kami berkahi sekelilingnya agar Kami perlihatkan kepadanya sebagian tanda-tanda kebesaran Kami. Sesungguhnya Dia adalah Maha Mendengar lagi Maha Melihat. (QS. Al Isra:1).

Hadits tentang Buraq, Kendaraan Super Kilat Nabi Muhammad SAW saat Isra Miraj Abu Hurairah meriwayatkan bahwa saat menjalani Isra Miraj, Nabi Muhammad SAW menemui sejumlah golongan manusia yang akan dihadapi kelak dalam dakwahnya.

 Berikut 13 golongan manusia yang dijumpai Nabi SAW:

  1. Orang yang Berjihad di Jalan Allah

Nabi SAW melihat suatu kaum yang bercocok tanam dalam waktu satu hari, kemudian menuainya di hari yang lain. Setiap kali mereka me­nuainya, maka tanaman mereka kembali seperti sediakala. Lalu Nabi SAW bertanya, "Hai Jibril, siapakah orang ini?" Malaikat Jibril menjawab: Mereka adalah orang-orang yang berjihad di jalan Allah. Amal kebaikan mereka dilipatgandakan menjadi tujuh ratus kali lipat, dan segala sesuatu yang mereka belanjakan Allah mengganti-nya.Allah adalah sebaik-baik pemberi rezeki.

 Orang-Orang yang Malas Sholat

Nabi Muhammad SAW melihat suatu kaum yang kepala mereka dipecahkan oleh batu-batu besar. Setiap kali kepala mereka hancur, maka akan kembali seperti semula. Hal itu dilakukan terhadap mereka tanpa henti-hentinya: Nabi SAW lalu bertanya kepada Malaikat Jibril yang mengiringinya. "Hai Jibril, siapakah mereka itu?" Malaikat jibril menjawab: Mereka adalah orang-orang yang berat kepala (malas) dalam mengerjakan shalat wajib atau fardu.

  1. Orang yang Tidak Menunaikan Zakat

Nabi SAW menjumpai suatu kaum yang di bagian muka mereka terdapat tandanya, mereka digiring bagaikan unta dan binatang ternak. Mereka makan pohon berduri, pohon Zaqqum, dan batu-batu neraka Jahannam. Nabi SAW bertanya, "Hai Jibril, siapakah manusia itu?" Jibril menjawab: Mereka adalah orang-orang yang tidak menunaikan zakat harta bendanya. Allah sama sekali tidak menganiaya mereka barang sedikitpun. Dan tiadalah Allah berbuat aniaya terhadap hamba-hamba-Nya. 

  1. Orang-Orang yang Suka Zina dan Selingkuh

Kemudian sampailah Nabi SAW ke tempat suatu kaum yang di depannya mereka terdapat daging masak yang ada di dalam kuali, sedangkan di dalam kuali yang lain terdapat daging mentah yang buruk.Tetapi mereka memakan daging mentah yang buruk itu dan membiarkan daging masak yang baik. Nabi SAW bertanya, "Hai Jibril, siapakah mereka itu?" Malaikat jibril menjawab: Lelaki ini adalah seorang dari kalangan umatmu yang mempu­nyai seorang istri yang halal lagi baik, tetapi ia mendatangi wanita lain yang buruk lalu ia tidur bersamanya hingga pagi hari. Dan (dia adalah) seorang wanita yang mempunyai suami yang halal lagi baik tetapi ia mendatangi lelaki lain yang buruk lalu tidur bersamanya hingga pagi hari. 

  1. Orang yang Suka Duduk di Pinggir Jalan

Di suatu tempat yang ada kayunya di tengah jalannya tiada seorang pun yang melaluinya melainkan bajunya pasti ro­bek, dan tiada sesuatu pun yang melewatinya melainkan pasti menusuk­nya. Nabi SAW bertanya, "Hai Jibril, apakah ini?" Malaikat Jibril menjawab: Ini adalah perumpamaan sejumlah orang dari kalangan umat­mu yang suka duduk di pinggir jalan, lalu mereka menghalang-halangi (manusia dari)nya (jalan Allah). Kemudian Jibril membacakan firman-Nya: Dan janganlah kalian duduk di tiap-tiap jalan dengan menakut-nakuti dan menghalang-halangi orang yang beriman. (Al-A'raf: 86), hingga akhir ayat. 

  1. Orang yang Tidak Menyampaikan Amanat

Nabi SAW melihat seorang lelaki yang telah me­ngumpulkan setumpuk besar barang yang tidak mampu diangkatnya, se­dangkan dia terus menambahinya. Maka Nabi Saw. bertanya, "Hai Jibril, apakah ini?" Malaikat Jibril menjawab: Dia adalah seorang lelaki dari kalangan umatmu yang mempu­nyai banyak amanat orang lain yang tidak mampu ditunaikannya sedangkan dia ingin membawanya. 

  1. Tukang Fitnah

Nabi SAW melihat di suatu tempat kaum yang lisan dan bi­bir mereka dipotong dengan gunting (catut) besi, setiap kali telah digunting, maka lidah itu akan kembali seperti sediakala. Hal itu dilakukan terhadap mereka tanpa henti-hentinya. Nabi SAW bertanya, "Apakah ini, hai Jibril?" Malaikat Jibril menjawab: Mereka adalah ahli khotbah tukang fitnah. 

  1. Orang yang Sombong

Nabi SAW melihat suatu tempat yang ada batu kecilnya, yang darinya keluar seekor sapi jantan yang besar. Lalu sapi jantan itu bermak­sud kembali ke tempat ia keluar, tetapi ia tidak mampu. Nabi Saw. berta­nya, "Hai Jibril, apakah ini?" Malaikat jibril menjawab: Ini (perumpamaan) seorang lelaki yang mengucapkan kata-kata besar, kemudian menyesalinya, tetapi ia tidak mampu mencabut kata-katanya itu. 

  1. Orang yang Suka Menggunjing dan Mengumpat

Dari Anas yang mengatakan bahwa Rasulullah SAW pernah bersabda mengemukakan hadis berikut, yaitu: Ketika saya dinaikkan menghadap kepada Tuhanku, saya bersua dengan suatu kaum yang memiliki kuku tembaga, mereka mencakari muka dan dada mereka dengan kuku tembaga itu. Maka saya bertanya, "Hai Jibril, siapakah mereka itu? " Jibril menjawab, "Mereka adalah orang-orang yang suka memakan daging manusia (mengumpat orang lain) dan mempergunjingkan kehormatan mereka.” 

  1. Orang yang Suka Mengerjakan Perbuatan Haram

Nabi SAW meli­hat banyak piring besar yang padanya terdapat daging segar yang telah dipotong-potong, tetapi tidak ada seorang manusia pun yang mendekatinya. Dan tiba-tiba saya melihat banyak piring besar yang padanya terdapat daging yang sudah basi dan berbau busuk, ternyata banyak orang yang memakannya. Saya bertanya, "Hai Jibril, siapakah mereka itu ?" Jibril menjawab, "Mereka adalah orang-orang dari kalangan umatmu yang suka mengerjakan hal yang haram dan meninggalkan hal yang dihalalkan." 

  1. Pemakan Harta Anak Yatim

Nabi SAW melihat banyak kaum yang memiliki bibir seperti bibir unta. Lalu dibukakan mulut mereka, dan bara api itu dimasukkan ke dalam mulut mereka bingga keluar dari lubang bawah mereka. Saya dengar mereka menjerit meminta tolong kepada Allah SWT. Lalu saya bertanya, "Hai Jibril, siapakah orang-orang itu?" Jibril menjawab bahwa mereka adalah sebagian orang dari kalangan umatku yang disebutkan oleh firman-Nya: Sesungguhnya orang-orang yang memakan harta anak yatim secara aniaya, sebenarnya mereka itu menelan api sepenuh perutnya dan mereka akan masuk ke dalam api yang menyala-nyala (neraka). (An-Nisa: 10) 

  1. Pemakan Harta Riba

Nabi Muhammad SAW meli­hat banyak kaum yang perut mereka sebesar-besar rumah, setiap kali seseorang dari mereka hendak bangkit. Mereka merintih meminta tolong kepada Allah. Nabi SAW lalu bertanya, "Hai Jibril, siapakah mereka itu?" Jibril menjawab bahwa mereka adalah sego­longan dari umatmu yang disebutkan oleh firman-Nya: Orang-orang memakan (mengambil) riba tidak dapat berdiri melainkan seperti berdirinya orang yang kemasukan setan lan­taran (tekanan) penyakit gila. (Al-Baqarah: 275) 

  1. Orang yang Suka Mencela

Nabi SAW melihat banyak kaum yang daging lambung mereka dipotongi, lalu mereka mema­kannya, seraya dikatakan, "Makanlah olehmu daging ini sebagaimana kamu pernah memakan daging saudaramu!" Saya bertanya, "Hai Jibril, siapakah mereka itu?" Jibril menjawab, "Mereka adalah orang-orang yang suka mengumpat dan mencela dari kalangan umatmu."

Tulisan Lainnya
Gebyar Jalan Sehat MTs PUI Cikijing

Dalam rangka HUT MTs PUI Cikijing sekaligus Sosialisai PPDB (Penerimaan Siswa Baru) tahun Ajaran 2022-2023, pihak Manajemen Madrasah mengadakan Gebyar Gerak Jalan Sehat bersama seluruh

02/02/2022 19:09 - Oleh Administrator - Dilihat 188 kali
MTs PUI Cikijing Raih Penghargaan Sebagai MTs Swasta Terpatuh dan Tertib Administrasi

Majalengka (Inmas Kabupaten Majalengka) MTs PUI Cikijing yang digawangi oleh Drs. H. Som Somadiharto pantas disebut MTs Swasta unggulan di Kabupaten Majalengka. Pasalnya di MTs tersebu

24/06/2021 10:18 - Oleh Administrator - Dilihat 178 kali
Drs.Embas MA : Siap bawa perubahan di MTs PUI Cikijing

Majalengka Patrolinews86.com – Menjelang masa pensiun yang tinggal 4 tahun lagi tak menyurutkan niatnya untuk bisa memajukan dunia pendidikan tak heran sekolah MTs.PUI Cikiji

24/06/2021 10:18 - Oleh Administrator - Dilihat 181 kali
Ujian Online Di MTs PUI Cikijing Sudah Teselenggara Dan Sukses.

Ujian Online atau juga di sebut Tes Bebasis Komputer disingkat CBT (Computer Base Test) tahun ini telah terselenggara dengan baik dan sukses.

24/06/2021 10:18 - Oleh Administrator - Dilihat 180 kali
Sekolah Unggulan dengan Banyak Penghargaan.

MTs PUI Cikijing merupakan salah satu sekolah yang kerap kali selalu maju selangkah di banding sekolah-sekolah yang ada di di wilayah selatan Majalengka... 

24/06/2021 10:18 - Oleh Administrator - Dilihat 132 kali
Sekolah yang mengutamakan keamanan dan kebersihan di Cikijing

Dengan kondisi yang bersih dan tertata dengan rapih merupakan idaman dan kebanggaan para siswa MTs PUI Cikijing, pasalnya dengan kebersihan dan kerapihan sangat membantu konsentrasi sis

24/06/2021 10:18 - Oleh Administrator - Dilihat 122 kali